pojok kiri atas bengkok kiri atas       bengkok kanan atas pojok kanan atas
1  
banner
 
 
menu
  Kebijakan  
Analisis
Potensi
Peraturan Perundangan
limit
 
  Transportasi merupakan kebutuhan sarana dan prasarana yang sangat menunjang dalam perkembangan interaksi antar daerah dan diharapkan dapat mendorong percepatan perkembangan antar wilayah khususnya dalam mendukung proses pertumbuhan dan pemerataan di bidang ekonomi, perdagangan, pariwisata, sosial budaya, jasa pelayanan dan stabilitas keamanan.  
     
  Transportasi Darat  
  Transportasi darat bukan merupakan sistem yang utama, khususnya untuk menghubungkan antara kabupaten/kota yang ada di Provinsi Papua Barat. Sebagian kabupaten di Papua Barat menggunakan jalan darat sebagai transportasi utama untuk menghubungkan antar distrik/kecamatan  
     
  Transportasi Udara  
  Transportasi udara menjadi penting di Provinsi Papua Barat karena karakteristik wilayah yang cukup bergunung, curam dan diliputi hutan sehingga akses jalan darat menjadi sulit.
Prasarana perhubungan udara utama di Provinsi Papua Barat adalah Lapangan Terbang Rendani di Manokwari, Domine Edward Osok dan Jefman di Sorong, Torea di Fak Fak dan Tarum di Kaimana. Kelima lapangan terbang ini selain didarati oleh pesawat penerbangan perintis jenis Twin Otter juga dapat didarati pesawat jenis Fokker dan Boeing. Sedangkan di Kabupaten Teluk Bintuni, Teluk Wondama dan Sorong Selatan hanya bisa didarati oleh pesawat jenis tertentu seperti Twin Otter.
 
     
  Transportasi Laut  
  Transportasi laut mempunyai peranan sangat penting pada perekonomian Papua Barat. Hal ini terlihat dari sebagian besar mobilitas orang dan barang, baik yang masuk maupun yang keluar dari wilayah Papua Barat masih menggunakan transportasi laut. Selain itu sebagian besar mobilitas orang dan barang di wilayah Papua Barat, baik antar kabupaten maupun antar distrik masih menggunakan moda transportasi laut.

Jenis alat angkutan lain yang sangat penting bagi masyarakat di Papua Barat adalah kapal laut. Hal ini disebabkan karena kondisi fisik wilayah yang belum memungkinkan dibukanya jalan darat sehingga kota tersebut lebih mengandalkan transportasi air sebagai sarana perhubungan antar kota/kabupaten.

 
     
     
     
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Potensi, Masalah & Prospek Pengembangan Wilayah Konsep, Kebijakan & Strategi Penataan Ruang Rencana Struktur
Ruang Wilayah
Rencana Pola
Ruang Wilayah
Penetapan Kawasan Strategis Arahan Pemanfaatan Ruang Arahan Pengendalian Pemanfaatan Ruang Kelembagaan & Peran
Serta Masyarakat

 
 
 
ndas
 

Profil Wilayah Provinsi:
1. Aspek Fisik Dasar
2. Penggunaan Lahan
3. Struktur Tata Ruang Existing
4. Aspek Sosial Kependudukan
5. Aspek Ekonomi Wilayah
6. Aspek Transportasi Wilayah

 
garis
 
     
     
 
kop
  Anda berkunjung di web ini pada Hari:  
dengan IP: 107.20.37.62
dengan browser: CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
 
 
garis
 
     
 
 
   
     
  Copyright © 2009 by Novatech. All Rights Reserved